Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen File dan Folder

 Selamat Datang di Blog komputerku.my.id



Pengertian manajemen file dan folder adalah cara untuk mengelola file atau folder baik itu yang berbentuk fisik maupun digital agar lebih tertata sehingga memudahkan pemanfaatan file.

Manfaat Manajemen File dan Folder :

berikut keuntungan jika kita menata file dan folder dengan baik :

1. File dan Folder lebih rapi, ini jelas keuntungan pertama. Dengan termanajemennya file dan folder otomatis disk kita terlihat lebih rapi dan enak untuk dilihat.

2. Memudahkan mencari arsip/file/folder. Jika anda tidak menata file dan folder dengan baik pasti anda kebingungan saat mencari file/folder lama? Pasti lupa dimana dulu menyimpannya. Tapi, jika anda memanajemen file dan folder dengan baik maka akan sangat memudahkan dalam mencari file-file lama.

3. Memaksimalkan memori disk. Nah, kalau kita sudah merapikan file-file maka otomatis kita tahu file-file tersebut berguna. Jadi, kita bisa membuang file/folder yang tak berguna sehingga memori disk kita menjadi semakin longgar.


Tips Manajemen File dan Folder

berikut ini langkah-langkah manajemen file dan folder :


1. Ketahui dulu ekstensi file-file. Ada banyak ekstensi file yang ada, antara lain :

    1) Ekstensi .doc, .docx, .rtf, .odt, .pdf adalah ekstensi untuk dokumen
    2) Ekstensi .ppt, .pptx adalah ekstensi untuk presentasi
    3) Ekstensi .mkv, .mp4, .wmv, .avi adalah ekstensi untuk video.
    4) Ekstensi .xls, .xlsx adalah ekstensi untuk file excel / data.
    5) Ekstensi .jpg, .jpeg, .png adalah ekstensi untuk gambar/image.
    6) Ekstensi .rar, .zip adalah ekstensi untuk file/folder yang sudah di kompress.
    7) Ekstensi .mp3, .wav adalah ekstensi untuk audio

2. Setelah tahu ekstensi-ekstensinya kita bisa mengklasifikasikan file dan folder berdasarkan kegunaannya. Misalkan kita pisahkan folder kerjaan kantor, kerjaan freelance, kuliah, hiburan, movie. Ini penting, supaya tidak ada salah dalam penempatan file. Contohnya seperti gambar berikut :


3. Cara lain adalah memisahkan berdasarkan tanggal (biasanya tahun). Misalkan, kamu memiliki job banyak. Maka bisa diklasifikasikan berdasarkan tahun - bulan - tanggal. Cara ini digunakan di Perkantoran seperti Perusahaan BUMN, Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah, Rumah Sakit  dan lainnya.




Semoga bermanfaat 🙏




Post a Comment for "Manajemen File dan Folder"