Dalam dunia pendidikan kita dituntut untuk membuat beberapa Program Kegiatan terutama kegiatan-kegiatan di Sekolah, dalam kegiatan-kegiatan tersebut dibutuhkan Laporan Program Kegiatan, berikut adalah contoh Laporan Kegiatan Program 7K.
PROGRAM
7K
( KEAMANAN, KEBERSIHAN, KEIMANAN, KEKELUARGAAN, KERINDANGAN, KERAPIHAN, KEINDAHAN)
LOGO SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMAN/SMAS komputerku.my.id
TULANG BAWANG BARAT – LAMPUNG
TP.2021/2022
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia_Nya serta kesempatan sehingga penulis dapat menyelesaikan Program 7K (KEAMANAN, KEBERSIHAN, KEIMANAN, KEKELUARGAA N, KERINDANGAN, KERAPIHAN, KEINDAHAN) ini tepat pada waktunya. Program ini merupakan salah satu tugas Kepala Sekolah. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam pembuatan program ini, sehingga akhirnya program ini dapat terselesaikan.
Penulis menyadari “tidak ada gading yang tak retak’’ penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan program ini. Semoga program ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Penulis juga mohon kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan program ditahun mendatang.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi upaya-upaya kita dalam meningkatkan mutu pendidikan. Aamiin
Tumijajar, Juli 2021
Penyusun
BAB I PENDAHULUAN
Untuk mengembangkan sekolah yang bermutu (berkualitas) dibutuhkan adanya lingkungan dan budaya sekolah yang kondusif, dinamis dan demokratis. Dalam rangka ke arah itu, beberapa hal yang dapat dikembangkan terkait dengan lingkungan dan budaya di sekolah, sebagai berikut.
1. Disiplin
Disiplin adalah sikap mental yang mengandung kerelaan memenuhi semua ketentuan, peratiuran dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tanggung jawab. Untuk itu sangat penting diperhatikan agar tugas dan tanggung jawab dapat dilakukan dengan sebaik- baiknya. Ada dua jenis dorongan yang mempengaruhi disiplin, yaitu :
Dorongan yang datang dari dalam diri manusia, yaitu pengetahuan, kesadaran dan kemauan untuk berbuat disiplin.
Dorongan yang datangnya dari luar yaitu perintah, larangan, pengawasan, pujian, ancaman, hukuman dan ganjaran.
Peningkatan disiplin atas dasar dorongan dari dalam diri manusia dapat terlaksana, kalau menyadari dan menerima disiplin itu sebagai hal yang wajar dalam kehidupan di manapun kita berada. Begitu pula rasa tanggung jawab dapat ditingkatkan kalau orang dilibatkan sejak dari merencanakan kegiatan, sehingga merasa bahwa kegiatan itu adalah miliknya.
Dorongan yang datangnya dari luar, dalam batas-batas tertentu dapat menunjang disiplin, tetapi dalam batas-batas tertentu pula dapat menjadi penghambat tegaknya disiplin. Oleh karena itu, pemanfaatan dorongan dari luar tersebut hendaknya dipertimbangkan lebih dahulu secara matang.
Terwujudnya disiplin di sekolah secara nyata terlihat apabila :
a. Seluruh warga sekolah dari kepala sekolah, guru, pegawai, dan siswa hadir dan pulang pada
waktunya.
b. Mengikuti keseluruhan program sekolah yang diperuntukkan baginya.
c. Meningkatkan disiplin dirinya di dalam dan di luar sekolah.
d. Memakai seragam sekolah menurut ketentuan yang berlaku.
e. Mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menerima pelajaran bagi siswa, mengajar bagi
guru, melaksanakan tugas-tugas bagi kepala sekolah dan pegawai.
f. Mematuhi dan melaksanakan semua peraturan yang berlaku baginya.
2. Upacara Bendera
Upacara bendera merupakan kegiatan sekolah yang wajib dilaksanakan untuk menanamkan, membina dan meningkatkan penghayatan serta pengamalan nilai luhur dan cita- cita bangsa Indonesia.
Disamping itu pelaksanaan upacara bendera ini juga sangat penting dalam hal mewujudkan disiplin, ketertiban, rasa cinta tanah air serta sebagai sarana untuk menyampaikan informasi yang sifatnya menyeluruh kepada aparat sekolah atau warga sekolah.
Upacara bendera ini wajib diikuti oleh seluruh komponen manusiawi sekolah, dan diusahakan untuk dapat dilaksanakan setiap hari Senin jam 07.00 di lapangan sekolah. Pembina dan petugas upacara diatur sedemikian rupa, sehingga setiap guru serta siswa dapat ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.
Sarana upacara serta pengaturan jalannya upacara agar betul-betul dapat mencapai tujuan seperti yang disebutkan di atas diatur oleh urusan kesiswaan, guru piket dan pengurus OSIS.
3. Jalur Informasi dan Komunikasi
Untuk kepentingan koordinasi dan fungsionalisasi organisasi, sekolah harus memiliki jalur informasi dan komunikasi, diatur dan disiapkan waktunya secara terjadwal. Jalur informasi dan komunikasi yang paling umum dikenal adalah rapat kerja/dinas (rapat rutin, rapat berkala,
rapat koordinasi dan lain-lainnya), baik yang berhubungan dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan maupun yang berkaitan dengan masyarakat (hubungan masyarakat).
Untuk dapat memberikan gambaran transparansi dan kuntabilitas yang dilakukan oleh
sekolah melalui program-program kerjanya, hendaknya sekolah memiliki sistem informasi manajemen (SIM), dan membiasakan membuat pengumuman-pengumuman yang penting untuk diketahui oleh warga sekolah dan masyarakat.
Semua kegiatan di atas, hendaknya dikemas dengan cara sebaik-baiknya dalam pelaksanaannya dengan memperhatikan keefektifan dan keefesienannya. Disamping itu juga mempedomani ketentuan/peraturan yang berlaku, dan memperhatikan kelengkapan administrasi penyelenggaraan kegiatan, sehingga kegiatan terarsip dengan baik dan tidak menimbulkan persoalan-persoalan yang tidak diinginkan.
4. Senam Pagi dan Club Olahraga
Senam pagi dan club olah raga merupakan kegiatan sekolah untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani yang dibutuhkan manusia sepanjang hidupnya. Selain itu dengan senam pagi dan kegiatan olah raga lainnya dapat dikembangkan rasa syukur kepada Allah, rasa etetika melalui gerakan senam dan kegemaran berolahraga.
Pembudayaan senam pagi/olahraga di sekolah sangat besar pengaruhnya bagi usaha mengolah ragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga.
Dengan berolah raga/senam pagi diharapkan seluruh warga sekolah sehat jasmani dan rohani, sehingga pelaksanaan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.
5. Pelaksanaan 7 K
Pelaksanaan 7 K di setiap sekolah penting untuk dilaksanakan, dan dapat diupayakan melalui langkah-langkah sebagai berikut :
a. Ketaqwaan, yaitu wujud dari rasa syukur kepada Allah dengan menjalankan perintah dan larangan-Nya serta merupakan prasyarat bagi penciptaan keharmonisan dalam kehidupan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan membimbing dan memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya (Islam).
b. Keamanan, yaitu rasa aman dan tenteram, bebas dari rasa takut, baik lahir maupun bathin diusahakan dengan jalan :
Usaha penanggulangan gangguan keamanan dari luar dengan membuat pagar keliling, pembentukan dan peningkatan kerja guru piket, pengadaan petugas satpam dan jaga malam serta peraturan tamu yang tegas.
Usaha penanggulangan gangguan keamanan dari dalam dengan jalan mencegah sedini mungkin gejala perkelahian di antara siswa melalui bimbingan fisik oleh guru, anjuran untuk ikut menjaga keamanan sekolah dengan pembagian tugas dan tanggung jawab kepada regu piket yang dilakukan oleh siswa. Disamping itu juga dengan menugaskan guru piket dan satpam untuk mengawasi tamu atau orang-orang yang masuk lingkungan sekolah tanpa kepentingan yang jelas dengan peraturan tamu yang tegas.
c. Kebersihan adalah wujud dari bersih jasmani dan rohani serta merupakan syarat untuk kesehatan fisik dan mental spiritual.
Pelaksanaan kebersihan di sekolah adalah dengan anjuran agar semua pihak baik guru, pegawai maupun siswa untuk selalu mengadakan gerakan kebersihan baik kebersihan WC/kamar mandi, kantin/koperasi sekolah, ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang guru dan TU, ruang kepala sekolah serta halaman kelas, kantor dan halaman sekolah secara umum. Pelaksanaan kebersihan juga bisa dilakukan melalui gerakan massal kebersihan pada tiap hari Jum’at (Jum’at Bersih)selesai kegiatan senam pagi, dan diupayakan melalui lomba kebersihan antar kelas yang dilakukan pada musim hujan dan tiap akhir semester (pada minggu sebelum/menjelang pembagian raport).
d. Ketertiban adalah keteraturan yang menimbulkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam tata letak, tata hidup dan tata pergaulan.
Ketertiban ini dapat terlaksana dengan baik dengan memperhatikan kehadiran guru, pegawai dan siswa sekolah. Disamping itu juga terlihat dari ketepatan melakukan kewajiban seperti membayar iuran/sumbangan (jika ada) dan pelaksanaan pembelajaran (PBM) oleh guru pada setiap hari kerja.
Untuk mengupayakan ketertiban, maka akan ditempuh dengan cara monitoring dan evaluasi, serta dengan melakukan operasi ketertiban siswa. Operasi ketertiban siswa dimaksudkan untuk mencegah tindakan, perilaku dan perbuatan siswa yang mengarah kepada hal-hal yang negatif.
e. Keindahan, adalah perpaduan unsur alami ciptaan Allah yang menimbulkan rasa estetika dalam kehidupan.
Pelaksanaannya di sekolah adalah dengan menata halaman sekolah dengan tanaman- tanaman yang tidak mahal, namun serasi baik bentuk maupun jenisnya. Penataan dan pemeliharannya dikoordinasikan oleh urusan kesiswaan dan perlengkapan, dengan dibantu setiap dua kali dalam tahun pelajaran oleh seluruh warga sekolah dalam kegiatan “Kemah Terpadu” dan “Kemah Bakti Pramuka”, yang pelaksanaannya pada akhir setiap semester.
f. Kekeluargaan adalah wujud kehidupan yang dijiwai oleh tenggang rasa dan gotong royong dalam mewujudkan saling asih, saling asah dan saling asuh dalam masyarakat sekolah.
Hal ini dilaksanakan dengan tetap membina hubungan yang baik antara sekolah dan komite sekolah.masyarakat, guru – murid, guru dengan pegawai TU dan instansi lain. Disamping itu akan diupayakan melalui “Temu Keakraban Warga Sekolah” yang dilaksanakan satu kali dalam tahun pelajaran, yaitu pada akhir tahun pelajaran, dan dilaksanakan (berlokasi) di objek-objek wisata atau tempat-tempat yang menarik di luarwilayah kabupaten Kuningan (missal: Pangandaran). Dilakukan pula melalui pertemuan yang dilaksanakan oleh Unit Kersejahteraan dan Darma Wanita sekolah.
g. Kerindangan, adalah suasana teduh yang diakibatkan oleh adanya tumbuhan baik berupa pohon, perdu, semak maupun tanaman memanjat/merambat yang ditata sebagai pelindung yang serasi di sekolah.
Pelaksanaannya di sekolah hendaknya diupayakan dengan memilih pohon-pohon dan tanaman lain yang ditanam di lingkungan sekolah dengan sifat-sifat tidak mudah sempal, tidak banyak daun yang gugur serta perakarannya tidak mengganggu pondasi bangunan sekolah.
Bertitik tolak kepada pengertian dari masing-masing K tersebut di atas, maka pelaksanaannya sangat penting bahkan mutelak dalam mewujudkan sekolah sebagai pusat kebudayaan dan kehidupan masyarakat bernuansa pendidikan.
Pengelolaan 7 K di sekolah harus melibatkan seluruh warga sekolah yaitu, pesuruh dan karyawan (pegawai), guru dan siswa secara terpadu di bawah koordinasi urusan kesiswaan dan sarana prasarana (perlengkapan) sebagai mana tercantum dalam struktur organisasi sekolah.
BAB II
IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HASIL
Menciptakan kondisi belajar yang nyaman bagi siswa menjadikan tujuan dari setiap sekolah pada umumnya, karena dengan kondisi yang nyaman tersebut memudahkan siswa menerima ilmu pengetahuan dengan baik dan mendorong siswa untuk berkompetisi dan berprestasi. Atas dasar inilah maka SMAN komputerku.my.id mulai awal tahun ajaran 2021/2022 telah menunjuk Guru …… selaku Pembina 7K ( Keamanan, Kebersihan, Keimanan, Kekeluargaan, Kerindangan dan Keindahan). Program 7 K ini sebagai salah satu cara membentuk karakter dan kepribadian siswa apabila dapat diterapkan dengan baik, karena telah mencakup beberapa aspek yang mampu manciptakan siswa-siswa unggul dalam budi pekerti dan prestasi akademik. Dimulai dengan Keamanan ( Rasa aman merupakan landasan utama dalam menjalankan semua aktivitas terutama belajar, dengan adanya jaminan keamanan ini akan memperlancar proses kegiatan belajar mengajar dan bisa meminimalkan gangguan ). Ketertiban ( Adanya ketertiban dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar akan berdampak potitif dalam keberhasilan siswa, dimana ketertiban akan membangun mental produktif teratur dan disiplin sehingga diharapkan siswa mampu mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah). Kebersihan ( Menjaga kebersihan baik kebersihan diri sendiri, ruang kelas, lingkungan di sekitar sekolah sangatlah perlu dilakukan, dengan kebersihan ini diharapkan dapat menciptakan keindahan dan mengurangi ketidaknyamanan dalam belajar mengajar). Keindahan ( Menciptakan lingkungan belajar yang indah dan menarik akan mampu meningkatkan rasa kecintaan kepada seni dan nyaman berada di sekolah seperti bagaimana kita menghias kelas, lingkungan sekolah serta tidak melakukan pencorat-coretan dinding, bangku dll) Kekeluargaan ( kekeluargaan yang dijalin selama kegiatan belajar mengajar diharapkan mampu meningkatkan rasa simpati dan empaty bagi semua pihak sehingga akan terbentuk rasa memiliki dan kecintaan kepada almamater). Kerindangan ( Penghijauan di lingkungan sekolah menjadi syarat utama mengurangi pemanasan global yang tengah mengancam bumi kita ini, sehingga sekecil apapum
kontribusi kita untuk mempertahankan bumi ini sangat diperlukan ) dan yang terakhir Kesehatan ( Menjaga kesehatan adalah kewajiban pokok bagi semua orang, karena dengan adanya kesehatan jaminan semua aktivitas kita bisa terlaksana dengan baik ). Dengan adanya sosialisasi terhadap program sekolah 7K ini diharapkan akam mampu membantu dalam pembentukan pribadi-pribadi yang unggul dan memiliki karakter yang kuat dari sekolah. Mari kita dukung program 7K dengan saling mengingatkan dan memberikan contoh kepada siswa semua agar bisa menjalankan program ini untuk hal-hal yang lebih baik lagi di masa depan. Ayo kita Dukung dan Sukseskan 7 K.
BAB III
PROGRAM 7K SMAN komputerku.my.id
TAHUN PELAJARAN 2021-2022
A. 7 K DALAM PELAKSANAAN SEHARI-HARI. Apa itu 7 K ?
7 K meliputi : 1. KEAMANAN
2. KEBERSIHAN
3. KEIMANAN
4. KEKELUARGAAN
5. KERINDANGAN
6. KERAPIHAN
7. KEINDAHAN.
Bagimana Penerapannya ?
1. Keamanan.
Aman , adalah bebas dari gangguan seseorang/ sekelompok orang/lingkungan. Aman, adalah hak mendasar yang harus dimiliki manusia.
Aman, meliputi : aman dalam lingkungan belajar, bekerja, maupun mengeluarkan pendapat. Dalam pelaksanaannya meliputi : kita mulai pada diri kita sendiri, saling menjaga,menghindari konflik antar teman, berani membela hak dan kebenaran, menciptakan susasana aman di sekolah./ lingkungan sekolah.
2. Kebersihan.
Bersih, adalah tempat atau lingkungan , bebas dari sampah, debu, sehingga nampak sedap dipandang.
Kebersihan merupakan modal utama kesehatan, kebersihan merupakan sebagian dari iman seseorang.
Kebersihan meliputi : bersih tempat tinggal, tempat belajar/ kelas, sekolah/ lingkungan sekolah, tempat ibadah, tempat bekerja.
Pelaksannannya meliputi : mulai dari dari diri kita, menciptakan kebersihan dalam kelas, lingkungan kelas, halaman sekolah/ lingkungan sekolah,membuang sampah pada tempatnya jika habis jajan, tidak mencoret-coret bangku/ meja, dinding kelas/ sekolah dengan tip-ex, spidol.
3. Keimanan.
Iman, adalah kita percaya Allah SWT ada. Biasanya Iman dimanifestasikan dalam ibadah.
Iman merupakan landasan penting dalam belajar, dan bekerja.
Pelaksanannya adalah : merayakan hari keagamaan bersma di sekolah misalnya korban, hari raya idul fitri, mendirikan pengajian rutin, mejelis taklim untuk kajian agama di sekolah.
4. Kekeluargaan.
Kekeluargaan, adalah hubungan yang erat antar orang-orang dalam rumah, kelas, sekolah/ OSIS, kantor/ tempat bekerja, dan masyarakat.
Kekeluargaan merupakan dasar dasar persatuan, modal utama dalam masyarakat/ lingkungan untuk ketentaraman, bahkan modal majunya sekolah.
Kekeluargaan bisa tercapai manakala tidak ada rasa curiga, saling percaya, saling menghargai,kerja sama dan rukun.
Pelaksanaannya adalah : kita harus saling menghargai, mengayomi, tidak mencari selamat diri sendiri, menyenguk jika teman jika sakit, menolong sesama siswa.
5. Kerindangan.
Rindang atau sejuk, adalah lingkungan yang mempunyai sisrkulasi udara yang baik, dengan adanya tanaman yang menyejukan, serta bebas dari polusi udara.
Pelaksanaanya adalah : menanami halaman / lingkungan sekolah dengan pepohonan yang bermanfaat, taman depan kelas dengan berbagai tamanan bunga, rajin menyiangi dan menyirami
6. Kerapihan.
Rapih, adalah suasana harmonis dalam dalam diri kita,keluarga , sekolah, kantor, atau lingkungan sekitar.
Pelaksaannya, adalah : rapih dari cara kita berpakaian, memakai seragam sekolah sesuai dengan aturan yang ditetapkan, menata ruang kelas dengan baik misalnya jadwal piket, gambar pahawan, presiden dan wkill presiden dan lambing negara.
7. Keindahan.
Indah adalah suasana asri enak di pandang mata yang menyangkut lingkungan sekolah kita,.üKeindahan bisa tercapai manakala keamanan, kebersihan, keimanan, kekeluargaan, kerindangan dan kerapihan tercapai.
Pelaksaannya adalah : dengan menciptakan rasa aman, suasana bersih, iman, kebersamaan, kerindangan, dan penataan yang apik.
Dengan terciptanya 7 K, kita akan merasa betah dan nyaman disekolah tempat kita belajar dan bekerja.
B. PROGRAM 7K SMAN komputerku.my.id TAHUN PELAJARAN 2021-2022
NO
|
PROGRAM 7K
|
TINDAK LANJUT
|
TINDAKAN
PEMBINAAN
|
1
|
KEAMANAN
·Siswa di larang membawa senjata tajam
·Siswa di larang membawa uang berlebihan
· Siswa di larang membawa kaset, buku (novel) porno
|
Jika ketahuan di panggil
orangtuanya
· Jika ketahuan di beri
nasehat
·Jika ketahuan diberi
masukan
· Jika dilanggar 3 kali
diberhentikan
|
1 bulan sekali razia
bulanan
|
|
·Siswa di larang berkelahi
|
|
|
·Siswa di larang minggat (lompat pagar)
|
|
2
|
KEBERSIHAN
·Siswa di larang
membuang sampah sembaranga
· Siswa dianjurkan menyapu kelas setiap selesai KBM
|
Setiap hari kelas di nilai oleh Pembina
·Setiap 1 bulan diadakan
kebersihan menyeluruh
|
· Setiap bulan diumumkan kelas terbersih dan terkotor
·Pemberian tropi juara 1
|
|
·Siswa diwajibkan operasi semut sebelum masuk kelas
|
|
|
3
|
KEKELUARGAAN
·Siswa diwajibkan mengenal guru bahkan hafal namanya
·Siswa diwajibkan
menghormati guru
·Siswa diwajibkan menjaga keharmonisan dengan guru
|
Jika ada musibah (meninggal) diwajibkan melayat
·Setiap ada keluarga guru menikah atau melahirkan dianjurkan anjangsana
· Setiap 1 bulan sekali
diadakan arisan
|
|
|
·Siswa diwajibkan meghormati kakak kelas dan menyayangi adik kelas
|
|
|
·Bagi bapak dan ibu guru harus mengenal keluarga besar SMAN komputerku.my.id
|
|
4
|
KEINDAHAN
·Siswa diwajibkan
membuat taman kelas
·Siswa diwajibkan melengkapi alat-alat yang dibutuhkan kelas
·Siswa diwajibkan
menata ruang kelas
|
Setiap tahun ajaran baru (Siswa baru) disuruh membawa
kembang sepatu, sapu lidi, dan tanah
hitam
· Setiap tahun diwajibkan
mengecet taman
· Setiap tahun diwajibkan
menata ruangan, memasang hordeng, gambar presiden, dan wapres,
pancasila, dsb.
|
|
5
|
KETERTIBAN
·Siswa di larang berambut panjang (laki-laki)
·Siswa di larang
mengecer rambut
·Siswa di larang
memanjangkan kuku
·Siswa di larang memakai baju, rok sempit, dan ketat
|
· Setiap masuk pintu gerbang setiap siswa diperiksa atribut dan kerapihan pakaian
· Sebelum jam KBM dimulai guru memeriksa kembali
kelengkapan siswa.
|
· Jika siswa melanggar diberikan sanksi atau disita barang yang melanggar
·
ilakukan secara berulang-ulang maka siswa diskor.
|
|
· Siswa di larang memakai celana cutbarai dam “pensil”
|
|
|
|
·Siswa di laranga memakai aksesoris seperti gelang dsb
|
|
|
|
· Siswa diwajibkan menggunakan sepatu bertali dan berwarna hitam
|
|
|
|
· Siswa di larang
membawa handphone
|
|
|
6
|
KERAPIHAN
·Siswa diwajibkan memasukkan baju ke dalam celana
atau rok yang dipakai
·Siswa diwajibkan memakai ikat pinggang berwarna
hitam dan tidak menggunakan kepala yang terbuat
dari besi
·Siswa diwajibkan memakai kaor kaki putih dan panjang sedengkul
|
Setiap masuk siswa
diperiksa oleh guru
|
· Jika siswa melanggar diberikan sanksi atau disita barang yang melanggar
·Dilakukan secara berulang-ulang maka siswa akan
diskor dan dipanggil orangtuanya.
|
|
·Siswa di larang memakai jaket di lingkungan sekolah
|
|
|
7
|
KERINDANGAN
Setiap awal semestertahun pelajaran pihak sekolah membeli pohon yang
dipandang perlu untuk kerindangan
|
Guru dan siswa
menanam pohon penghijauan di halaman, depan kelas sesuai kebutuhan.
|
|
C. TEKNIS LOMBA 7K ANTAR KELAS DI SMAN komputerku.my.id TAHUN PELAJARAN 2021/2022
TEKNIS * .Perlombaan dimulai pada awal bulan (Minggu pertama awal bulan).
* Setiap siswa dalam satu kelas wajib menjaga kelas sesuai kriteria 7 K yaitu, keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kenyamanan dan kekeluargaan.
* . Setiap hari guru yang masuk ke setiap kelas memberikan penilaian kriteria 7K dengan format yang telah ditentukan sebelumnya (Lampiran 2).
* . Penilaian didasarkan atas rubrik-rubrik penilaian dengan range nilai antara 1 – 4.
* . Hasil penilaian akan diakumulasikan diakhir bulan (Minggu ke empat akhir bulan)
* Hasil akumulasi penilaian akan diumumkan pada dialog senin pagi awal bulan berikutnya untuk ditentukan pemenang Lomba 7K antar Kelas antar kelas tersbut
* . Kelas yang menang akan diberikan penghargaan berupa sertifikan Lomba 7K antar kelas setiap edisinya.
* . Dengan adanya Lomba 7K antar kelas ini diharapkan dapat memndisiplinkan siswa dalam menerapkan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kenyamanan dan kekeluargaan serta menciptakan lingkungan berbasis 7K.
D. RUBRIK PENILAIAN LOMBA 7K ANTAR KELAS SMAN komputerku.my.id TAHUN PELAJARAN 2021/2022 NO URAIAN RUBRIK 1 = (1 dari 4) 2 = (2 dari 4) 3 = (3 dari 4) 4 = (4 dari 4) 1 Keamanan - Aman dari pencurian di kelas -Terjadi pertikaian dan tindakan asusila siswa ü Kurangnya kedisiplinan kelas -Tidak ada kerjasama di kelas -Aman dari pencurian di kelas -Aman dari pertikaian dan tindakan asusila siswa -Kurangnya kedisiplinan kelas -Tidak ada kerjasama di kelas -Aman dari pencurian di kelas -Aman dari pertikaian dan tindakan asusila siswa -Menjaga kedisiplinan kelas -Tidak ada kerjasama di kelas -Aman dari pencurian di kelas -Aman dari pertikaian dan tindakan asusila siswa Menjaga kedisiplinan kelas -Menjaga Kerjasama di kelas
2 Kebersihan · Melaksanakan piket kelas dengan baik · Sebelum memulai pelajaran papan masih kotor dan spidol beum terisi · Masih ditemukan sampah makanan atau sampah dalam bentuk apapun di kelas termasuk laci bangku · Tidak membuang sampah di tempat sampah · Melaksanakan piket kelas dengan baik · Sebelum memulai pelajaran papan harus bersih dan spidol telah terisi · Masih ditemukan sampah makanan atau sampah dalam bentuk apapun di kelas termasuk laci bangku · Tidak membuang sampah di tempat sampah · Melaksanakan piket kelas dengan baik · Sebelum memulai pelajaran papan harus bersih dan spidol telah terisi · Tidak ditemukan sampah makanan atau sampah dalam bentuk apapun di kelas termasuk laci bangku · Tidak membuang sampah di tempat sampah · Melaksanakan piket kelas dengan baik · Sebelum memulai pelajaran papan harus bersih dan spidol telah terisi · Tidak ditemukan sampah makanan atau sampah dalam bentuk apapun di kelas termasuk laci bangku · Membuang sampah di tempat sampah
3 Ketertiban -Setiap siswa di kelas menggunakan seragam yang benar dengan atribut yang lengkap -Terlambat Masuk ke dalam kelas saat pelajaran telah berlangsung -Belum menitipkan kepada wali kelas di kantor segala jenis elektronik yang dibawa sebelum jam ke-1 -Kelas gaduh, terdapat siswa yang tidak patuh, dan terdapat siswa berkata kotor -Setiap siswa di kelas menggunakan seragam yang benar dengan atribut yang lengkap -Masuk ke dalam kelas tepat waktu saat pelajaran telah berlangsung -Belum menitipkan kepada wali kelas di kantor segala jenis elektronik yang dibawa sebelum jam ke-1 -Kelas gaduh, terdapat siswa yang tidak patuh, dan terdapat siswa berkata kotor -Setiap siswa di kelas menggunakan seragam yang
benar dengan atribut yang lengkap -Masuk ke dalam kelas tepat waktu saat pelajaran telah berlangsung -Menitipkan kepada wali kelas di kantor segala jenis elektronik yang dibawa sebelum jam ke-1 -Kelas gaduh, terdapat siswa yang tidak patuh, dan terdapat siswa berkata kotor -Setiap siswa di kelas menggunakan seragam yang benar dengan atribut yang lengkap -Masuk ke dalam kelas tepat waktu saat pelajaran telah berlangsung -Menitipkan kepada wali kelas di kantor segala jenis elektronik yang dibawa sebelum jam ke-1 -Menjaga kelas tetap kondusif
4 Keindahan - Meja, kursi, sepatu, dan sandal tertata rapi -Susunan aksesoris yang berada di kelas tidak teratur dan semrawut (tempelan nilai hasil belajar, hasil praktikum, hasta karya, dll) -Tidak adanya penambahan vas bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di dalam kelas. -Kelas kotor -Meja, kursi, sepatu, dan sandal tertata rapi -Susunan aksesoris yang berada di kelas harus serasi dan rapi (tempelan nilai hasil belajar, hasil praktikum, hasta karya, dll) ü Tidak adanya penambahan vas bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di dalam kelas. -Kelas kotor -Meja, kursi, sepatu, dan sandal tertata rapi -Susunan aksesoris yang berada di kelas harus serasi dan rapi (tempelan nilai hasil belajar, hasil praktikum, hasta karya, dll) -Terdapat vas bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di dalam kelas yang dirawat dengan baik -Kelas kotor -Meja, kursi, sepatu, dan sandal tertata rapi -Susunan aksesoris yang berada di kelas harus serasi dan rapi (tempelan nilai hasil belajar, hasil praktikum, hasta karya, dll) -Terdapat vas bunga, atau bunga hidup baik di luar ataupun di dalam kelas yang dirawat dengan baik -Kelas bersih, rapi, dan harum
5 Kerindangan · Terdapat tanaman dalam pot yang terawat dengan baik · Ruangan yang pengap dengan kelambu yang kotor · Hasil kerja siswa diletakkan sembarangan · Tidak tertib piket kelas
· Terdapat tanaman dalam pot yang terawat dengan baik · Ruangan yang sejuk (pengharum ruangan) dengan kelambu yang bersih · Hasil kerja siswa diletakkan sembarangan · Tidak tertib piket kelas · Terdapat tanaman dalam pot yang terawat dengan baik · Ruangan yang sejuk (pengharum ruangan) dengan kelambu yang bersih · Hasil kerja siswa diletakkan dengan rapi · Tidak tertib piket kelas · Terdapat tanaman dalam pot yang terawat dengan baik · Ruangan yang sejuk (pengharumruangan) dengan kelambu yang bersih · Hasil kerja siswa diletakkan dengan rapi · Tertib piket kelas
16 Kenyamanan 1. Menjaga ketenangan di kelas 2.Tidak menjaga ketertiban di kelas 3. Tidak berbicara dengan sopan dan tidak berteriak-teriak 4. Tidak menempatkan perabot kelas pada tempatnya dengan baik (sapu,mukena, dll) 5. Menjaga ketenangan di kelas 6. Menjaga ketertiban di kelas 7. Tidak berbicara dengan sopan dan tidak berteriak-teriak 8. Tidak menempatkan perabot kelas pada tempatnya dengan baik (sapu,mukena, dll) 9. Menjaga ketenangan di kelas 10. Menjaga ketertiban di kelas 11. Berbicara dengan sopan dan tidak berteriak-teriak 12. Tidak menempatkan perabot kelas pada tempatnya dengan baik (sapu,mukena, dll 13. Menjaga ketenangan di kelas 14. Menjaga ketertiban di kelas 15. Berbicara dengan sopan dan tidak berteriak-teriak 16. Menempatkan perabot kelas pada tempatnya dengan baik (sapu,mukena, dll)
7 Kekeluargaan -Membuat susunan struktur kelas dan melaksanakannya dengan baik -Tidak tepat waktu dalam membayar dansos -Acuh tak acuh terhadap teman dalam kebaikan di kelas -Tidak ada teamwork/kelompok belajar yang baik -Membuat susunan struktur kelas dan melaksanakannya dengan baik -Ketepatan waktu dalam membayar dansos ü Acuh tak acuh terhadap teman dalam kebaikan di kelas -Tidak ada teamwork/kelompok belajar yang baik.
BAB IV PENUTUP
Pelaksanaan 7 K di setiap sekolah penting untuk dilaksanakan, dan dapat diupayakan melalui langkah-langkah sebagai berikut :
a. Ketaqwaan, yaitu wujud dari rasa syukur kepada Allah dengan menjalankan perintah dan larangan-Nya serta merupakan prasyarat bagi penciptaan keharmonisan dalam kehidupan.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan membimbing dan memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya (Islam).
b. Keamanan, yaitu rasa aman dan tenteram, bebas dari rasa takut, baik lahir maupun bathin diusahakan dengan jalan :
Usaha penanggulangan gangguan keamanan dari luar dengan membuat pagar keliling, pembentukan dan peningkatan kerja guru piket, pengadaan petugas satpam dan jaga malam serta peraturan tamu yang tegas.
Usaha penanggulangan gangguan keamanan dari dalam dengan jalan mencegah sedini mungkin gejala perkelahian di antara siswa melalui bimbingan fisik oleh guru, anjuran untuk ikut menjaga keamanan sekolah dengan pembagian tugas dan tanggung jawab kepada regu piket yang dilakukan oleh siswa. Disamping itu juga dengan menugaskan guru piket dan satpam untuk mengawasi tamu atau orang-orang yang masuk lingkungan sekolah tanpa kepentingan yang jelas dengan peraturan tamu yang tegas.
c. Kebersihan adalah wujud dari bersih jasmani dan rohani serta merupakan syarat untuk kesehatan fisik dan mental spiritual.
Pelaksanaan kebersihan di sekolah adalah dengan anjuran agar semua pihak baik guru, pegawai maupun siswa untuk selalu mengadakan gerakan kebersihan baik kebersihan WC/kamar mandi, kantin/koperasi sekolah, ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang guru dan TU, ruang kepala sekolah serta halaman kelas, kantor dan halaman sekolah secara umum. Pelaksanaan kebersihan juga bisa dilakukan melalui gerakan massal kebersihan pada tiap hari Jum’at (Jum’at Bersih)selesai kegiatan senam pagi, dan diupayakan melalui lomba kebersihan antar kelas yang dilakukan pada musim hujan dan tiap akhir semester (pada minggu sebelum/menjelang pembagian raport).
d. Ketertiban adalah keteraturan yang menimbulkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam tata letak, tata hidup dan tata pergaulan.
Ketertiban ini dapat terlaksana dengan baik dengan memperhatikan kehadiran guru, pegawai dan siswa sekolah. Disamping itu juga terlihat dari ketepatan melakukan kewajiban seperti membayar iuran/sumbangan (jika ada) dan pelaksanaan pembelajaran (PBM) oleh guru pada setiap hari kerja.
Untuk mengupayakan ketertiban, maka akan ditempuh dengan cara monitoring dan evaluasi, serta dengan melakukan operasi ketertiban siswa. Operasi ketertiban siswa dimaksudkan untuk mencegah tindakan, perilaku dan perbuatan siswa yang mengarah kepada hal-hal yang negatif.
e. Keindahan, adalah perpaduan unsur alami ciptaan Allah yang menimbulkan rasa estetika dalam kehidupan.
Pelaksanaannya di sekolah adalah dengan menata halaman sekolah dengan tanaman- tanaman yang tidak mahal, namun serasi baik bentuk maupun jenisnya. Penataan dan pemeliharannya dikoordinasikan oleh urusan kesiswaan dan perlengkapan, dengan dibantu
setiap dua kali dalam tahun pelajaran oleh seluruh warga sekolah dalam kegiatan “Kemah Terpadu” dan “Kemah Bakti Pramuka”, yang pelaksanaannya pada akhir setiap semester.
f. Kekeluargaan adalah wujud kehidupan yang dijiwai oleh tenggang rasa dan gotong royong dalam mewujudkan saling asih, saling asah dan saling asuh dalam masyarakat sekolah.
Hal ini dilaksanakan dengan tetap membina hubungan yang baik antara sekolah dan komite sekolah.masyarakat, guru – murid, guru dengan pegawai TU dan instansi lain. Disamping itu akan diupayakan melalui “Temu Kangen Warga Sekolah” yang dilaksanakan satu kali dalam tahun pelajaran, yaitu pada akhir tahun pelajaran, dan dilaksanakan (berlokasi) di objek-objek wisata atau tempat-tempat yang menarik di sekitar wilayah kabupaten Tulang Bawang Barat. Dilakukan pula melalui pertemuan yang dilaksanakan oleh Unit Kersejahteraan dan Darma Wanita sekolah.
g. Kerindangan, adalah suasana teduh yang diakibatkan oleh adanya tumbuhan baik berupa pohon, perdu, semak maupun tanaman memanjat/merambat yang ditata sebagai pelindung yang serasi di sekolah.
Pelaksanaannya di sekolah hendaknya diupayakan dengan memilih pohon-pohon dan tanaman lain yang ditanam di lingkungan sekolah dengan sifat-sifat tidak mudah sempal, tidak banyak daun yang gugur serta perakarannya tidak mengganggu pondasi bangunan sekolah.
Bertitik tolak kepada pengertian dari masing-masing K tersebut di atas, maka pelaksanaannya sangat penting bahkan mutlak dalam mewujudkan sekolah sebagai pusat kebudayaan dan kehidupan masyarakat bernuansa pendidikan.
Pengelolaan 7 K di sekolah harus melibatkan seluruh warga sekolah yaitu, pesuruh dan karyawan (pegawai), guru dan siswa secara terpadu di bawah koordinasi urusan kesiswaan dan sarana prasarana (perlengkapan) sebagai mana tercantum dalam struktur organisasi sekolah.
Semoga Bermanfaat ... 🙏
Post a Comment for "Contoh Laporan Program 7K"